Tips seputar kesehatan



Kapitalisasi dan liberalisasi terus berkembang seiring dengan laju globalisasi tak terkecuali dalam bidang kesehatan. Di zaman sekarang kesehatan adalah hal yang sangat mahal sekali harganya. Dimana masyarakat yang kurang mampu sangat susah mendapatkan akses kesehatan yang murah dan berkualitas. Jikapun ada yang mendapatkan JAMKESMAS atau sejenisnya, harus melalui birokrasi yang sulit dan pelayanannya pun sangat tidak memuaskan. Dunia kesehatan tidak jauh-jauh dari dunia bisnis, karena setiap pengobatan harus berorientasi pada keuntungan baik itu keuntungan personal(dokter, bidan, perawat) atau lembaga( perusahaan, farmasi, pemerintah). Itulah kapitalisme harus mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dari apapun. Secara kualitas belum tentu dunia kedokteran yang canggih ini mampu mengatasi berbagai problem kesehatan. Faktanya dokter-dokter muda sekarang yang nilai kelulusannya tinggi, itu bukan karena kualitas tapi sistem pendidikan dikedokteran itu yang mempermudah pemperorolehan nilai yang tinggi hal ini dibuktikan dengan banyaknya terjadi malpraktik. Dimasa ini yang kiblatnya adalah dunia barat tentunya sistem pengobatan dan kedokteran yang digunakan adalah sistem kedokteran barat. Pengobatan barat hanya berorientasi pada gejala penyakit dan menyembuhkan sesuai gejala. Pada kasus-kasus tertentu dengan mudah mereka memotong bagian tubuh manusia tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Sekarang banyak orang yang beralih kepengobatan tradisional atau alternatif, artis-artis pun banyak yang memilih pengobatan alternatif. Saya termasuk orang yang benci dengan pengobatan konvensional tapi bukan berarti anti.
            Berbeda dengan pengobatan cina yang menyembuhkan penyakit dari akar atau sumber penyakit. Contohnya seseorang yang mengidap kanker rahim setelah berkali-kali dioperasi, kankernya akan tetap tumbuh dan akhirnya penderita meninggal. Ini adalah bukti pengobatan barat tidak menyembuhkan penyakit, ia hanya memberi solusi sementara. Misalnya lagi jika mereka sudah tidak sanggup menyembuhkan satu penyakit maka mereka akan melakukan jalan pintas dengan transplantasi yaitu mengganti satu organ tubuh yang rusak atau tidak berfungsi dengan organ yang baru yang masih berfungsi, seperti transplantasi jantung, ginjal, hati dan lain-lain. Dengan mudahnya mereka memotong-motong dan membelah-belah tubuh manusia. Mereka menganggap manusia seperti mesin yang diganti suku cadangnya. Padahal Rasulullah saw bersabda yang artinya “setiap penyakit itu pasti ada obatnya”.
            Allah swt. Sangat memuliakan manusia dan Allah telah menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk. Tubuh kita adalah satu anugerah dari Allah swt. Dan titipan darinya selayaknya lah kita menjaga dan merawatnya baik-baik. Kita tidak berhak melukai apalagi sampai menyiksa diri kita sendiri karena diri dan jasad kita ini adalah milik Allah swt. Jadi sebaiknya kita menjaga kesehatan kita dengan sebik mungkin kalaupun sampai terkena sakit, berikut ada beberpa tips dan trik jika kita terkena sakit.
·         Jangan panik, karena kalau kita panik justru akan memperparah sakit yang diderita
·         Mencoba mendiagnosa penyakit dari gejala-gejala yang kita alami
·         Tidak terburu-buru mengatasi dengan obat instan karena bisa jadi obat yang kita minum salah baahkan menimbulkan efek samping yang lebih buruk
·         Cari tau tentang gejala penyakit anda dan cara-cara menanganinya serta obat yang tepat
·         Pilihlah obat-obatan herbal dari sekeliling kita
·         Banyak istirahat
·         Banyak minum air putih
·         Makan teratur dan perbanyak makan buah-buahan
·         Lakukan relaksasi dengan menarik dan menghembuskan nafas perlahan dan teratur
·         Dan yang paling penting adalah doa sebelum anda meminum atau menggunakan obat bacakan dan tiuplah obat yang akan anda gunakan dengan asma Allah, ayat Al-Qur`an dan salawat.karena sesungguhnya Allahlah yang menyembuhkan bukan obat.
Sebagai contoh,  suami saya mengalami sakit gigi yang parah dan berulang setiap kali dia minum obat sakit gigi instan giginya tidak sakit lagi tapi itu hanya sementara. Ketike reaksi obat telah berhenti maka sakitnya akan kambuh kembali. Saya coba mencari tau sakit giginya itu disebabkan oleh apa.karena penyebab sakit gigi itu bermacam-macam, dan cara menanganinya pun tidak sama. Ternyata sakitnya itu disebabkan oleh gigi yang berlubang. Maka saya mengaluskan bawang putih kemudian saya bacakan dan tiupkan surah al-fatihah pada bagian iyya kanasta`in saya ulangi tiga kali, kemudian salawat dan dioleskan pada gigi yang berlubang  Alhamdulillah setelah itu sakit giginya tidak pernah kambuh lagi.
Demikianlah tips tentang kesehatan kali ini semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara membuat tape ketan ala banjarmasin ( tapai gambut)

Cara Cantik Alami dengan Al Qur'an Sunnah